FESTIVAL GAGASAN HUT RI 75

FESTIVAL GAGASAN HUT RI 75

Merayakan HUT RI merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa Nasionalisme. Sekolah mempunyai cara tersendiri dalam merayakan HUT RI untuk siswa dan siswinya. Mengadakan perlombaan yang dimana memperlihatkan kerja keras perorangan seperti balap karung, makan kerupuk, memasukan paku dalam botol dan masih banyak lagi. Bukan hanya memperlihatkan semangat perorangan, akan tetapi ada juga yang memperlihatkan semangat dan kerja sama secara kelompok, seperti tarik tambang, lomba balap bakiak, panjat pinang, dan masih banyak lagi.Namun, dalam masa pandemi sekarang, merayakan HUT RI di sekolah sepertinya tidak bisa diadakan dengan tatap muka. Oleh karena itu, sekolah SMK As-Salaam Jatibarang mengadakan perlombaan untuk memperingati HUT RI yang ke 75 yang dimana perlombaan HUT RI ke 75 ini berbeda dengan lomba yang biasanya diadakan.

JUARA 1

Perlombaan HUT RI ke 75 ini di Komandoi Oleh Bapak Wahyu Bani Anhar, S.Pd. Selaku Pembina Osis dan juga Siti Soleha (siswi Kelas XI TKJ) Selaku ketua OSIS SMK As-Salaam Jatibarang. Untuk ketua acara HUT RI ke 75 adalah Syarif Hidayatullah (siswa kelas XI TBSM) selaku anggota OSIS SMK As-salaam Jatibarang. Untuk perlombaan pada HUT RI ke 75 pada masa pandemi covid 19 bernama FESTIVAL GAGASAN yang dimana perlombaannya adalah perlombaan membuat karya dalam bentuk Poto, Poster, Video, Podcast, yang berisi Saran, kritikan, dan Ide Program Jangka Panjang untuk sekolah. Tema dari acara HUT RI ke 75 sendiri yaitu “Maju Assazaku, Hebat Prestasiku, Cemerlang Masa Depanku” yang sesuai dengan dujuan dari diadakannya perlombaan HUT RI ke 75, yaitu untuk mengisi kekosongan dalam merayakan HUT RI di sekolah pada masa pandemi covid 19 dengan menampung ide atau gagasan, saran, kritik, dan program lanjutan yang dimana bisa diimplementasikan untuk perkembangan sekolah SMK As-Salaam Jatibarang di kemudian hari. Perlombaan HUT RI ke 75 bersifat campuran, dalam artian boleh individu atau kelompok untuk pembuatan karyanya.  Jangka waktu pengadaan dan pengumpulan karya, acara HUT RI ke 75 adalah 17 Agustus 2020 – 24 Agustus 2020.

JUARA 2

Pada hari Minggu, 30 Agustus 2020 pengumuman pemenang perlombaan HUT RI ke 75 diumumkan secara online dengan menggunakan media sosial. Adapun nama para menenang lomba antara lain sebagai berkut:

  1. Juara 1 dimenangkan oleh Raka dan Rifki dari kelas X TKJ dengan Karya Video Rap music gagasan
  2. Juara 2 dimenangkan oleh Taruna dari kelas XII TBSM dengan Video pemberian saran
  3. Juara 3 dimenangkan oleh Shinta, Cusi, Hamidah, Elen, dan Farikha dari kelas XII TKJ dengan karya Video Cinematic Pemberian Saran

Untuk setiap juara mendapatkan Hadiah Uang pembinaan, Piagam, dan Kaos Festival gagasan I. Penilaian video sediri di nilai oleh Guru dan staff TU SMK As-Salaam Jatibarang antara lain: Bapak Bhayu Anggoro, S.Pd., Bapak Alip Ernawan, S.pd.I., dan Bapak Tasripin.

JUARA 3

Adapun harapan dari pembina dan pengurus OSIS SMK As-Salaam Jatibarang untuk acara HUT RI kedepan adalah semoga di tahun depan dan seterusnya, sekolah terus mengadakan acara perlombaan HUT RI, menambahkan Trophy di hadiah pemenang, dan juga sekolah memberikan tempat atau acara kusus untuk berekspresi dalam memajukan sekolah.